Sabtu, 17 Oktober 2009

SENTUHLAH BAYI ANDA

Saat ini dikembangkan Program Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang merupakan pemberian Air Susu Ibu sejak dini dari pertama kali bayi dilahirkan tanpa diberikan Susu Formula.
Sangat Banyak manfaat yang diberikan, karena selain ASI dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kecerdasan anak juga saat menyusui seringkali sang ibu memberikan sentuhan sentuhan pada bayi terkasih.

Semakin banyak sentuhan dan kehangatan yang diberikan maka hubungan antara ibu dan anak lebih terjalin dengan kuat. Berikut adalah dampak positif dari sentuhan.

- Perkembangan otak


Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan sentuhan hangat. Mereka akan lebih nyaman dipelukan sang ibu. Menurut penelitian yang dilakukan Alice Sterling Honig, PhD, seorang profesor di Syracuse University, bayi yang jarang disentuh otaknya lebih kecil 20% dibandingkan dengan yang sering disentuh.

- Tingkah laku


Tingkah laku anak yang sering disentuh penuh dengan kasih sayang akan lebih baik dibandingkan dengan yang jarang disentuh. Sentuhan juga bisa membuat orang dewasa lebih bahagia dan berefek menenangkan. Seseorang yang memiliki gangguan tingkah laku, juga bisa ditenangkan dengan terapi sentuhan

- Kesehatan


Sentuhan terbukti memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi hormon stres. Saat seseorang diberikan sentuhan kadar oxytocin akan meningkat dan menimbulkan efek menenangkan.

- Penyembuhan


Menurut American Hospital Association, sekitar 37 % rumah sakit di Amerika memiliki terapi penyembuhan alternatif selain secara medis. Salah satunya adalah terapi sentuhan. Terapi sentuhan yang biasanya dilakukan dengan pemijatan bisa mengatasi saraf yang tegang pada pasien. Hal tersebut bisa membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat sentuhan.
SUKSESKAN INISIASI MENYUSUI DINI DAN ASI EKSKLUSIF.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar