Sabtu, 28 November 2009

KUNJUNGAN PESERTA KONFERENSI NASIONAL PROMOSI KESEHATAN KE-5 DI KOTA CIMAHI

Pada Rabu 25 November 2009, Kota Cimahi kembali dikunjungi oleh peserta konferensi Nasional Promosi Kesehatan ke-5 yang berlansung di hotel horizon, Bandung 22-25 november 2009.
Kunjungan lapangan tersebut untuk melihat Peran serta masyarakat Kota Cimahi dalam berperilaku sehat yang dapat mempengaruhi peningkatan derajat kesehatan sehingga terwujud Kota Cimahi Mandiri dan Sehat 2012.

Adapun lokasi yang didatangi adalah RW 13 Kel. Cibabat untuk melihat keatifan RW Siaga di Kota Cimahi, RW 6 Kel. Citeureup melihat peran serta masyarakat dalam kegiatan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan juru pemantau jentik (JUMANTIK) serta kegiatan bersih lingkungan, SDIT Nurul Aulia untuk melihat sejauh mana kegiatan kantin sehat, UKS serta Poliklinik berjalan serta Persatuan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kec. Cimahi Selatan dalam peran sertanya memberantas TBC di Kota Cimahi dengan melibatkan kader TB, Kader PMO dan juga Kader PKK.

Peserta kunjungan lapangan di terima oleh Bapak Walikota Ir.H.Itoc Tochija.MM beserta jajarannya, ketua dan wakil ketua PKK, Forum Kota Sehat (FKS)serta perwakilan LPM. Dalam kesempatan itu Walikota memberikan paparan tentang kegiatan Kota sehat dan RW Siaga yang saat ini dilakukan di Kota Cimahi.
Setelah mendapatkan paparan bapak Walikota serta melihat kegiatan secara langsung dilokasi tersebut, sebagian besar peserta mengakui bahwa mereka tertarik serta mengapresiasi seluruh kegiatan yang ada di masing masing lokasi dan menyatakan bahwa sangat lah wajar bila kota Cimahi mendapatkan Predikat KOTA SEHAT dan KOTA SIAGA.

Saat kegiatan tersebut berlangsung, sangat banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kunjungan yang dijawab oleh sendiri kader tanpa bantuan sedikitpun dari aparatur pemerintah, sehingga terlihatlah bahwa kegiatan tersebut memang telah dilaksanakan di masyarakat tanpa direkayasa.
Ketertarikan para peserta tersebut dicetuskan dengan mengemukakan bahwa mereka mendapatkan hal yang baru dan baik selama dalam kunjungan serta akan mencoba untuk menerapkannya di tempat mereka berasal walaupun kendala akan mereka rasakan karena bila dibandingkan dengan Kota Cimahi yang telah baik koordinasinya di tingkat pemerintahan maupun masyarakat.

Karena antusias yang besar baik dari masyarakat dalam mmberikan jawab setiap pertanyaan dan permasalahan yang diajukan serta antusiasme para peserta kunjungan, tak terasa telah melewati waktu yang telah ditentukan, sehingga para peserta kembali dengan membawa kesan yang mendalam tentang KOTA CIMAHI MANDIRI, SIAGA dan SEHAT 2012.

TERIMA KASIH MASYARAKAT CIMAHI
SALUYU NGAWANGUN JATI MANDIRI..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar